Cari Blog Ini

Rabu, 11 April 2012

Kalibrasi batrey android supaya tetap pada kondisi prima

MUGEN POWER







Jika anda sering kali
mengganti ROM atau hendak
mengganti baterai, mungkin
tampilan status baterai
berbeda dengan keadaan
yang sesungguhnya, hal ini
membutuhkan adanya
calibrasi pada baterai,
sehingga apa yang
ditampilkan sesuai dengan
kenyataan daya pada
baterai, Bagaimana
caranya? Apakah kalibrasi
itu? Mari kita bahas
bersama.

Kalibrasi (calibrate) adalah
mengatur / menyesuaikan
kembali. Jadi arti teknisnya
menyesuaikan kembali dari
keadaan yang kurang baik.

Mengapa baterai perlu
dikalibrasi ? Kita telah tahu
bahwa baterai android itu
berjenis Li-ion. Jika kita
sering charge baterai
padahal baterai masih posisi
20% lagi, berarti 20% dari
elektron-elektron sel itu
jarang kita pakai, jika lama-
lama sel-sel itu tidak
dipakai maka sel akan
mengalami kejenuhan
(saturasi) dan sel akan mati
tentunya. Untuk itu perlu
adanya penggunaan baterai
sampai habis 0 % dengan
maksud elektron sel tadi itu
jadi terpakai dan nanti
dicharge lagi supaya sehat.

Gunanya kalibrasi baterai :

1. Untuk menyehatkan
sel sel yang jarang
terpakai sehingga
tidak mati karena
saturasi.
2. Agar penunjukan
persentase baterai
akurat
3. Untuk
menstabilkan kinerja
baterai dan health dari
baterai jadi stabil.
4 .Untuk mencegah
cepatnya baterai drop
dan bocor
5 . Tentunya
agar baterai awet dan
umurnya panjang.

Nah, daripada kalian bosan
mendengarkan penjelasan
yang panjang lebar, silahkan
saja langsung simak
langkah langkah yang harus
dilakukan untuk
menggunakan aplikasi
Mugen Power pengkalibrasi
Baterai ini.

Oh ya cara ini
khusus untuk device yang
sudah di root !

Langkah langkah
memasang Mugen Power :
Download terlebih
dahulu aplikasinya
di market, atau kalian
bisa juga langsung
mendownloadnya
DISINI .

Inget khusus gayoung yg udah d root , ok simak langkah2ny :

- Charger ponsel sampai 100%,
namun jangan cabut terlebih dahulu.
- Install aplikasi
Mugen Power yang
sudah anda
download tadi.letakan di internal memori
- Buka aplikasi tersebut.
- Pilih profile sesuai dengan
ukuran/besaran Mah baterai ,
1200Mah pilih profile 1 atau juga
bisa profile 2 (profile1 = Stock Battery dan profile 2 =mugen normal size),
untuk 1500Mah
profile no. 1 dan juga bisa profile no.2
- Touch teks
calibration sekali saja (yang ada pada setiap profile/profile
yg sudah di pilih).
-Cabut colokan charger dari ponsel Android maupun stop kontak.
Lalu gunakan sampai baterai ponsel 0% (sampai ponsel mati sendiri)
Kemudian Charger kembali
sampai penuh 100%,namun jangan dihidupkan dan jangan di ganggu.

Setelah penuh 100% cabut charger ponsel Android Kalian dan hidupkan kembali.

Selesai!!

Catatan:
Bagi yang menggunakan app task kiler atau sejenisnya jangan sampai app ini di kill
atau di auto kill oleh app task killer, biarkan
app jalan dibackground supaya
app ini bisa menjalankan tugasnya dengan profile yg udah pilih sebelumnya.
App Lebih baik diinstall d memori
Internal.
Jangan menggunakan calibrate lain selain yang ini, yang lain ilangin aja biar kagak bentrok.

Kalau mau melakukan pemindahan profile,selesaikan dulu proses profile yang kita pilih (langkah di atas) baru
bisa melakukan pemindahan ke profile lain, dan apabila sudah pindah ke profile lain. Jangan langsung pindah
profile.

Contohnya:
misalkan Handphonenya nya
udah di calibrate pakai profile 2 lalu kita mau pindah ke profile lain. Caranya touch ajah profile yg kita inginkan (i want to changes battery).. misalkan
akan pindah di profile1 (stock battery ) nanti kalian akan di minta untuk matikan Handphone nya kalau mau pindah profile,laksanakan dan
matikan gayoungnya dan cabut
baterainya lalu pasang kembali
baterainya dan hidupin lg .

Setelah hidup makaprofile 1 siap untuk dilakukan calibrate
kembali step2nya ulang lagi langkah-langkah di atas

saya tegaskan bahwa MUGEN
adalah aplikasi untukmengkalibrasi baterai BUKAN untuk menghemat baterai semata. Mungkin banyak sekali artikel di internet
mengatakan bahwa mugen
digunakan untuk menghemat
baterai, bukannya salah
namun kurang tepat, mugen
sebenarnya adalah aplikasi
untuk mengkalibrasi baterai.


Thx to : angga2oioi



Tyl

posted from Bloggeroid

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar